fbpx

Bulan Dzulhijjah adalah satu dari dua belas bulan dalam Islam, yang memiliki keutamaan yang agung. Dzulhijjah adalah satu dari empat bulan yang diharamkan / diagungkan dalam syariat agama Islam.

Di bulan Dzulhijjah pula, banyak sekali amalan-amalan yang disyariatkan untuk dilakukan bagi kaum muslimin sebagai tambahan pundi-pundi pahala yang bisa meningkatkan derajat kita di akhirat kelak. Khususnya di sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah.

Berikut beberapa amalan yang bisa kita lakukan sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah:

(1) Memperbanyak berdzikir di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah
وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ…
Dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentuka… (QS. Al-An’am: 28)

(2) Memperbanyak puasa sunnah
عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ
Dari sebagian istri Nabi, mereka berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, dan pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), dan berpuasa tiga hari setiap bulannya (13, 14, 15 tiap bulan)

(3) Berpuasa di hari A’rafah (9 Dzulhijjah)
صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ
“Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

(4) Memperbanyak beramal shalih
مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ
“Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah).” (HR. Ahmad, dishahihkan Syaikh Ahmad Syakir)

⭐⭐⭐
Mari berkolaborasi mewujudkan pendidikan terbaik bagi putra putri kita di SD Islam Bintang Juara. Sekolahnya calon pemimpin muslim masa depan.
⭐⭐⭐
Facebook: https://www.facebook.com/sdislambintangjuara/
Instagram: https://www.instagram.com/sdislambintangjuara/
Website: sd.islambintangjuara.sch.id
Email: sdislambintangjuara@gmail
Admin SD: wa.me/6282314930833
⭐⭐⭐